Jenis Kaos Polos berdasarkan Jenis Bahan dan Modelnya

Jenis Kaos Polos berdasarkan Jenis Bahan dan Modelnya

Keragaman jenis kaos berdasarkan bahan dan pola desain.

Jenis Kaos Polos berdasarkan Jenis Bahan dan Modelnya

Kaos memiliki banyak sekali keragaman dan type, ini ditentukan berdasarkan jenis bahan yang digunakan dan model atau pola desain. Didalam artikel ini kita akan bahas tentang berbagai macam jenis kaos baik berdasarkan bahan ataupun berdasarkan model pola yang dimiliki. Jika harus dibedakan berdasarkan bahan yang digunakan, bahan kaos ada 6 jenis, dan pada beberapa jenis bahan juga memiliki bebeberapa type berdasarkan gramasi yang digunakan dan jenis rajutan.

Jenis Kain untuk Bahan Kaos:

  • Cotoon Combed(Sebutan secara umum KATUN), dengan type yang dimiliki: cotoon combed 20s, 24s, 30s(mohon dimengerti bahwa setiap type dibedakan berdasarkan gramasi dan jenis rajutan yang digunakan).
  • CARDET, dengan type yang dimiliki :20s, 30s.
  • POLYESTER dan PE
  • TC(Teteron Catoon)
  • VISCOSE
  • CVC( Catoon Viscose)

Jenis dan Macam Kaos Polos berdasarkan Modelnya

1. T-shirt O-neck

Jenis kaos dengan model T-shirt O-neck memiliki desain pada bagian leher berpola bundar. Inilah jenis kaos berdasarkan model yang pertama kali ada, bahkan sampai sekarang model kaos ini masih sangat banyak dijumpai karena memiliki pengguna yang jumlahnya sangat banyak. Namun seiring dengan berjalanya waktu, serta berkembangnya dunia desain bidang busana, saat ini banyak desain pola lain yang juga sangat moderen dan trendi.

2. T-shirt V-neck

Model kaos T-shirt V-neck memiliki pola pada bagian leher berbentuk huruf "V" dan ditepinya terdapat garis ribs. Pola sudut bagian bawah leher bervariasi dan dapat disesuaikan denganpermintaan.

3. T-shirt U-neck

Model kaos T-shirt U-neck memiliki pola bagian leher yang kombinasi antara model pola O-neck dan pola V-neck. Pola bagian leher Sedikit bulat akan tetapi tidak terlalu menyudut dan tajam seperti pada pola V-neck.

4. T-shirt Y-neck

Model Kaos T-shirt Y-neck adalah pengembangan pola V-neck hanya saja ada penambahan kancing, dan hal itu membuat polanya seperti huruf "Y".

5. Kaos Raglan

Jenis Kaos Raglan memiliki pola berbeda pada jahitan, ini terlihat jelas pada pola jahitan lengan yang membujur dari bagian bawah ketiak ke bagian leher. Pada Jenis Kaos Raglan pola leher dapat bervariasi, bisa menggunakan pola leher O-neck atau yang lain.

6. Turtleneck

Mengapa namanya menggunakan kata "Turtle" yang dalam terjemahan bahasa indonesia kura-kura? karena pola bagian leher panjang menyerupai leher kura-kura.

7.  Kaos dengan pola memiliki kerah atau polo shirt

Adalah pola kaos yang pada bagian lehernya menyerupai pola kemeja, yaitu memiliki kerah yang dapat dilipat pada bagian leher. Bahan Kaos dengan pola memiliki kerah atau polo shirt banyak menggunakan bahan lacoste atau bahan kaos lain yang dirancang sesuai keinginan produsen.

Jenis Kaos Polos Berdasarkan Bahan yang digunakan

1. Cotoon Bamboo

Bahan Cotton Bamboo dibuat dengan kain yang menggunakan material kapas dan serat bambu. Ciri-ciri Cotton Bamboo adalah: Tekstur halus, dapat menyerap keringat yang lebih baik dibanding dengan cotoon combed, ringan, anti bakterial, dingin, dan memberikan kenyamanan kepada pengguna. Jenis Cotoon Bamboo lebih tipis juga lebih mahal dibanding dengan cotoon combed.

2. Cotoon Carded

Cotoon Carded terdapat beberapa jenis berdasarkan type yang dimiliki, diantaranya adalah: 20s, 30s, 24s, dan 40s. Dimana setiap type ini menentukan gramasi serta jenis rajutnya. Ciri-ciri Cotoon Carded: Tekstur tidak terlalu halus, dan tidak terlalu rata. Cotoon Carded terbuat dari serat kapas, sehingga tetap nyaman digunakan.

3. Cotoon Combed

Penjelasan tentang Cotoon Combed dapat anda baca pada artikel tentang Bahan dan Tinta.

4. Polyester dan PE

Jenis Polyester dan PE bahanya terbuat dari material serat sintetis. Jenis bahan Polyester dan PE tidak memiliki daya serap. Sehingga kurang nyaman saat digunakan.

Saya hanya seorang pengrajin sablon kaos dan switter atau tukang sablon yang mencoba berkarya. Mudah-mudahan karya yang saya hasilkan bermanfaat untuk orang lain.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar